KALPATARU

Selasa, 21 Desember 2010



TREE OF LIFE SCULPTORS CAMP 2009
HUTAN BETON DAN MANUSIA KAMPUS

Di Indonesia serta berbagai belahan dunia, pohon kehidupan telah menjadi mitos turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya tersebar dari pedalaman Kalimantan hingga ke candi Prambanan. Merupakan sebuah kekayaan budaya rupa masa lalu yang luar biasa. Pohon hayat , Pohon Kehidupan, Kalpawreksa., Kekayon, Gunungan, Batang Garing nama yang diberikan masyarakat pendukungnya. Niscaya mempunyai relasi dengan budaya rupa masyarakat kontemporer. Hutan yang telah dieksplotasi, dilindungi, dihuni, dibentuk ataupun dikelola juga menjadi sarang konflik dan kepentingan serta menimbulkan berbagai pertanyaan. Pembubuhan reka hias pada Kalpataru yang dieksplotasi dapat menjadi sumber inspirasi yang sangat estetik dilandasi kepedulian masyarakat kampus akan kelestarian lingkungan hidup. Kehidupan berkesenian, khususnya dalam pembuatan monumen Kalpataru sebenarnya menggambarkan hutan melalui motif perlambangannya.
Hutan adalah tempat lahirnya berbagai budaya asli termasuk manusinya yang berupaya menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang terus berkembang. Hutan turut berperan dalam memperlambat proses pemanasan global dan mampu menyerap karbon. Artinya sebagai titik temu para pelaku industri, jasa, insan pemerintah dan oknum lainnya, hutan merupakan ruang multidimensi sekaligus tempat berkumpulnya berbagai problematika hubungan antara manusia dan alam bahkan antara sesama manusia menyangkut alam. Dikarenakan rumitnya permasalahan yang timbul, hutan sebenarnya telah menawarkan jawaban atas pertikaian polimek tentang berbagai masalah yang terjadi baik secara umum maupun khusus.
Bagaimana caranya untuk menyelaraskan perkembangan dengan efek jangka panjang, eksplotasi dengan pelestarian, dampak terhadap masyarakat setempat dengan tujuan umum?
Pameran dan Workshop ini memberikan gambaran tentang kekayaan mitos Kalpataru sebagai pohon kehidupan. Sebagai wahana penyadaran dalam menemukan masalah dan pemecahan

PEWARNA ALAMI
Dari kalpataru terinspirasi sebuah ekspresi dalam seni pertunjukan dan sebuah fashion back to nature,hal ini terjadi pada sebuah peluncuran perbaikan patung kalpataru di UNJ rawamangun,Acara ini diisi dengan seni pertunjukan tari disertai musik gamelan BALI oleh para mahasiswa dan mahasiswi dari jurusan Seni Rupa dan Seni Tari sekaligus sebagai ajang ujian akhir semester.Kolaborasi ini sebagai embrio dari seni budaya terpadu.

kegiatan ini sebagai wujud kepedulian sosial masyarakat kampus(CSR) terhadap lingkungan.

SENIRUPAUNJ


0 komentar:

Posting Komentar

 
SENIRUPA UNJ. Diberdayakan oleh Blogger.

opangsite

Category


Powered by opang

Translate

Pengikut

Rating

BLOG INI MASIH DALAM PERBAIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
 

© 2010 BAHANPROSES